#8. 4 Tips 4 Communication

posted in: Blog | 0

Halo Sahabat Inspirasi!

Sejak pertama berdiri, i4 mendapat banyak permintaan untuk kelas public speaking dan tahun ini kami mulai mengadakan kelas reguler! Yaaay!

Ternyata banyak orang, se-percaya diri apapun mereka atau se-menguasai topik manapun, sering mengalami masalah manakala harus berbicara di depan umum. Mereka langsung merasa khawatir tidak mampu berbicara dengan lancar, salah ucap atau bicara belibet, mendadak lupa apa yang ingin dibicarakan, hingga takut audiens akan menertawakan mereka karena dianggap payah.

Pikiran jelek tersebut dapat menjelma menjadi gejala seperti tangan berkeringat, jantung berdebar kencang, mules, hingga ingin kabur saja. Wah, jangan sampai rasa tersebut menguasai diri kita.

Kami berempat sudah menjadi public speaker rata-rata selama dua dekade, dan hingga sekarang masih merasa berbagai gejala demikian setiap sebelum naik panggung. Justru rasa itu dibutuhkan sebagai cambuk untuk tidak over-pede, tidak lengah, dan terus berupaya memberikan yang terbaik.

Saat menghadapi rasa grogi tersebut, kami masing-masing punya 1 tip agar komunikasi lancar dan tampil pede. Sekalian mau memperkenalkan segmen di i4 yang kami beri nama “4 Tips 4” atau four tips for… (empat tips untuk…) yang akan berbeda-beda. Kali ini, i4 memberi “4 Tips 4 Communication.”

 

4 Tips 4 Communication ala Rahmah Umayya

 

 

 

 

 

 

 

Rahmah bertahun-tahun menjadi seorang radio announcer dan terbiasa ngobrol berjam-jam. Ternyata setiap sebelum siaran atau memandu acara sebagai MC, Rahmah melakukan semu atau senam muka! Ini berpengaruh banget lho agar otot sekitar mulut tidak kaku. Berikut beberapa senam muka. Tapi saat mau melakukan, cari tempat yang sepi atau menghadap tembok saja ya Begini tips melakukan senam muka yang sering dilakukan oleh Rahmah:

  1. Arahkan bibir ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah.
  2. Buka mulut lebar-lebar (lion face), kemudian tutup dan mancungkan bibir ke depan (duck face.)
  3. Motorboat atau buat suara brrrr hingga bibir bergetar.

 

  • 4 Tips 4 Communication ala Aline Adita

 

 

 

 

 

 

 

Aline yang mengawali karir sebagai peragawati sangat paham betapa pentingnya postur tubuh saat berkomunikasi, apalagi berbicara di depan khalayak ramai. Audiens bisa menebak apakah kamu itu percaya diri/minder, menguasai materi/bingung, serta antusias/membosankan, dengan melihat dari cara berdiri dan membaca gerakan tubuh.

Seperti semu, Aline menyarankan senam bahu agar bahu lebih rileks. Putar bahu ke depan kemudian ke belakang.

Tips postur lain dari Aline adalah berdiri tegak, tarik bahu ke belakang, naikkan dagu sedikit, dan beri senyuman. Coba deh, ternyata bila tubuh kita dalam posisi seperti ini, memberi sinyal ke otak bahwa kita percaya diri. Niscaya orang lain akan melihat kita percaya diri pula.

 

  • 4 Tips 4 Communication ala Nadia Mulya

 

 

 

 

 

 

 

Nadia yang mendalami NLP (neurolinguistic programming) belajar bahwa sugesti positif bisa ditimbulkan. Dalam NLP, ada istilah “anchoring” yang berarti menjadi anchor atau jangkar ke suatu kondisi diri, yaitu kondisi bahagia dan percaya diri. Jangkar yang dimaksud di tips ketiga ini adalah lucky charm. Ternyata banyak selebriti dunia yang punya lucky charm sebelum mereka perform. Contohnya, David Beckham sebelum tanding selalu pakai sepatu bola yang baru. Collin Farrel sang aktor, pakai boxer yang sama setiap shooting (waduh, sempat dicuci nggak ya?).

Kalau Nadia menganggap lucky charm-nya adalah cincin pernikahannya, yang membuatnya teringat alasan ia bekerja dan menjadi termotivasi. Aline juga punya lucky scent, yaitu wangi lavender yang membuatnya merasa tenang. Ternyata wewangian juga bisa menjadi anchor lho.

 

  • 4 Tips 4 Communication ala Intan Erlita

 

 

 

 

 

 

 

Sementara Intan membagikan tips pamungkas yang sangat bermanfaat bagi dirinya saat ia grogi. Yakni tarik nafas dan berdoa. Simpel.

Saat menarik nafas, pejamkan mata, dan bayangkan energi positif masuk ke dalam diri. Saat membuang nafas dari mulut, ibaratkan membuang semua hal yang negatif. Dan tentunya berdoa adalah sesuatu yang membuat setiap manusia merasa tenang, karena tengah berkomunikasi dengan Sang Pencipta yang berkuasa atas segalanya. Yang penting sudah melakukan persiapan terbaik, kemudian percayakan kepada Tuhan, dan niatkan akan memberikan penampilan terbaik.

Wuih, dahsyat ya! Coba deh praktikkan empat tips tersebut, dan dijamin saat berkomunikasi semakin lancar dan outstanding!

Nantikan lagi ya “4 tips 4…” dengan topik lain.

 

Tonton video youtubenya bisa klik disini atau nonton langsung dibawah ini!

 

 

 

 

Leave a Reply